Trip Pantai Balekambang Malang


(Pantai Balekambang)

Postingan kali ini penulis akan mereview beberapa perjalanan trip di kota apel Malang. Tujuan utama dari trip kali ini adalah ke pantai Balekambang yang terletak di kecamatan Bantur kabupaten Malang, Jawa Timur. Perjalanan di mulai dari titik pertemuan di depan SMP Negeri 1 Krian Kabupaten Sidoarjo. Perjalanan ini sangat menyenagkan, meskipun yang berangkat hanya 4 orang.

Kami berempat berangkat dari titik pertemuan pukul 06.32 atau lebih tepatnya terlambat 30 menit dari perkiraan, biasa jam karet. Untuk rute yang ditempuh yaitu Pacet-Cangar-Batu-Gondanglegi-Bantur. Di kawasan wisata Taman Hutan R.Soerjo, Cangar, Mojokerto, kami menyempatkan untuk beristirahat (lebih tepatnya mencari spot foto), sekalian mengistirahatkan mesin sepeda motor agar tidak terlalu panas akibat melewati jalan yang mendaki.

Kami sepakat untuk berhenti di spot foto tikungan tajam yang berlatar pegunungan. Memang area ini banyak digunakan untuk beristirahat dan berswafoto (baca : selfie). Sampai di area ini sekitar pukul 08.10. sekitar 20 menit kami beristirahat sembari menikmati pemandangan pegunungan yang tidak bisa dinikmati di rumah sendiri.

(Foto berlatarkan Gunung Arjuno-Welirang)

Pukul 08.30 kami melanjutkan perjalanan menyusuri pegunungan dengan jalan yang berkelok, menanjak dan menurun. Pukul 09.00 kami sudah tiba (lebih tepatnya melewati) kota Batu. Kami berhenti sejenak di SPBU dekat alun-alun kota Batu. Selanjutnya, kami melanjutkan perjalanan dan sampai di kota Malang pukul 09.20. langsung saja kami menuju ke tujuan utama, yaitu pantai Balekambang.

Pukul 11.40 kami sudah sampai di kecamatan Bantur. Dilanjutkan dengan menyusuri jalan yang berkelok-kelok ciri khas memasuki kawasan pantai selatan. Kondisi jalan yang cukup lumayan justru menambah semangat kami untuk terus melanjutkan perjalanan.


(Suasana di sekitar pantai)

Alhamdulillah, pukul 12.15 kami sudah tiba di kawasan wisata Pantai Balekambang. Di pintu masuk, kami dikenakan biaya retribusi sebesar Rp. 35.000,- untuk satu sepeda motor yang berpenumpang 2 orang. Untuk tempat parkir dikenakan biaya sebesar Rp. 5.000,-.

Saat tiba di pantai, kami disambut oleh pasir pantai yang putih dan ombak yang lumayan besar. Ditambah dengan teriknya matahari, maklum kami tiba di atas pukul 12 yang notabene saat ombak mulai pasang.

Tujuan utama kami yang tak lain tak bukan adalah berfoto ria. Ada yang bermain pasir, bermain air, dan kegiatan lainnya. Selanjutnya, kami menuju area pura yang berada di tengah laut (sebenarnya tidak terlalu ke tengah). Pura tersebut menjadi salah satu ciri khas dari pantai Balekambang. Banyak orang yang menyebut pantai Balekambang adalah Tanah Lot Pulau Jawa. Tak lupa kami juga berfoto di area pura.

(Pura di tengah laut)


Setelah menikmati indahnya Pantai Balekambang, kami berempat sepakat untuk makan di tepi pantai. Banyak penjual yang menjajakan makanan, mulai dari makanan khas daerah sekitar sampai olahan lautnya. Untuk makanan yang dijajakan tidak terlalu mahal, sekitar Rp. 5.000-Rp. 30.000,- saja.

Rincian biaya
Keterangan
Harga
Tiket masuk
(1 motor 2 penumpang)
Rp. 35.000 ,-
Parkir Motor
Rp. 5.000 ,-
Kamar mandi
Rp. 2.000 ,-

Pukul 14.00 kami sepakat untuk melanjutkan ke tujuan selanjutnya, yaitu Sumber Maron yang terletak di kecamatan Gondanglegi, kabupaten Malang. Untuk postingan selanjutnya akan dilanjutkan pada post selanjutnya  . . . .

----->>>       Trip Sumber Maron       <<<-----

Comments

Popular posts from this blog

Membuat Biodata Pada Visual Studio Code

Session

Hapus Data dengan PHP - MySQL