Trip Sumber Maron Malang

(Sumber Maron)

Postingan ini adalah lanjutan dari postingan sebelumnya yang berjudul Trip Pantai Balekambang. Postingan ini menceritakan perjalanan kami selama di Malang.

Setelah menikmati keindahan Pantai Balekambang, kami sepakat untuk melanjutkan perjalanan ke tujuan selanjutnya, yaitu Sumber Maron yang terletak di kecamatan Gondanglegi kabupaten Malang. FYI, Sumber Maron merupakan wisata air yang terletak di tengah area persawahan dimana terdiri dari air terjun dan sungai berarus sedang. Arus sungai yang sedang sehingga memungkinkan pengunjung untuk melakukan river tubing.
Rincian biaya
Rp. 5.000 ,-
Kamar mandi
Rp. 2.000 ,-

Kami tiba di Sumber Maron pukul 15.15. sebenarnya ada 2 pintu utama, yaitu pintu utara dan selatan. Namun karena jalan utama diperbaiki, daripada memutar lebih baik kendaraan ditipkan di rumah warga sekitar yang membuka jaa penitipan kendaraan. Dari tempat parkir kami berjalan sekitar 5 menit melewati area persawahan. Sesampainya di pintu masuk, kami diminta untuk membayar retribusi sebesar Rp. 3.000;-, cukup murah. Perlahan mulai terdengar suara gemuruh air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 10 meter yang airnya berasal dari sungai irigasi.

(Foto berlatar air terjun)

Kemudian, kami mencari tempat atau warung untuk singgah dan menitipkan barang. FYI, warung disini memiliki fasilitas yang lengkap. Tidak hanya menjual makanan, tetapi menyediakan loker penitipan barang, kamar mandi,  dan keperluan untuk berenang. Jika ingin menikmati river tubing jangan lupa untuk menyewa ban karet agar kita dapat menyusuri sungai. Perlu diketahui agar berhati-hati saat turun ke sungai. Hal tersebut karena batu yang licin dan tajam sehingga dapat melukai tubuh.

Setelah kami berganti pakaian, kami langsung turun ke sungai dan tidak lupa untuk menyewa ban seharga Rp. 5.000,-. Pertama yang harus kita lakukan jika ingin melakukan river tubing adalah berjalan ke titik start kira-kira sejauh 100 meter ke arah utara. Kemudian dllanjutkan untuk persiapan dengan menyeburkan diri ke sungai beserta ban karetnya. Disini kita tidak perlu menggunakan pelampung karena sungai hanya memiliki kedalaman 30 cm. Selanjutnya, kami memulai kegiatan river tubing. Kegiatan ini sangat seru sekali, kami tidak bisa berhenti tertawa. Rute river tubing sekitar 200 meter. Setelah sampai di posisi finish, kami harus kembali berjalan menuju ke titik start.

(Menikmati river tubing)

Setelah dirasa cukup menikmati river tubing, kami menikmati air terjun dari dekat. Semakin mendekat batu yang menjadi pijakan semakin licin. Ditambah dengan debit air yang cukup deras dan air yang cukup dingin memberikan kesejukan tersendiri.

Setelah puas menikmati Sumber Maron, kami langsung membersihkan diri dan berganti pakaian. Pukul 17.10 kami sudah keluar dari wisata. Perjalanan dilanjutkan, yaitu pulang ke Sidoarjo. Pukul 20.40 kami sudah tiba di titik awal keberangkatan. Sekian, sedikit cerita liburan semester yang mengesankan. Semoga masih diberi kesempatan untuk dapat menikmati keindahan Indonesia...

Popular posts from this blog